Type something and hit enter

ads here
On
advertise here
Dalam dunia pemasaran atau marketing dikenal istilah perilaku konsumen. Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalammasyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hiduplain dan tidak untuk diperdagangkan. Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk dijualkembali, maka dia disebut pengecer atau distributor.


Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hiduplain dan tidak untuk diperdagangkan. Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk dijualkembali, maka dia disebut pengecer atau distributor.

Pada masa sekarang ini bukan suatu rahasia lagi bahwa sebenarnya konsumen adalah raja sebenarnya, oleh karena itu produsen yang memiliki prinsip holistic marketing sudah seharusnya memperhatikan semua yangmenjadi hak-hak konsumen.

perilaku konsumen


Perilaku Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang merekaanggap akan memuaskan kebutuhan mereka. Definisi lainnya adalah bagaimana konsumenmau mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen antara lain adalah : Menurut James F. Engel - Roger D. Blackwell - Paul W. Miniard dalam Saladin terdapat tigafaktor yang mempengaruhinya, yaitu :=>Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk ataumenghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka.

Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.=>Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan,sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku.

Kelima faktor tersebutakan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.=>Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku.

Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.Menurut Kotler dan Armstrong (1996) terdapat dua faktor dasar yang mempengaruhi perilakukonsumen yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Jual teflon anti panas.